Siap Diperbantukan, 120 Personil gabungan Polres Cianjur bersama TNI Dilatih Cara Pemulasaran Jenazah Covid 19

1
(1)
85 Pengunjung

Respondennews.com-Cianjur,Siap Diperbantukan, 120 Personil gabungan Polres Cianjur bersama TNI Dilatih Cara Pemulasaran Jenazah Covid 19”

Disamping melakukan pencegahan penyebaran dan penanganan pasien Covid-19, ada hal yang lebih penting yang masih terkait Covid-19, yaitu tata cara mengurus atau pemulasaraan jenazah Covid-19

.

Mengurus jenazah Covid-19 perlu penanganan khusus, hal ini yang kemudian mendorong Polres Cianjur bersama TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur menyeleggarakan pelatihan penanganan Jenazah Covid-19.

Dalam sambutannya, Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah pencegahan demi memutus penyebaran virus Covid 19 di wilayah Kabupaten Cianjur.

Pelatihan yang dilaksanakan di Mapolres Cianjur Sabtu, (18/4/2020) ini dihadiri Kapolres Cianjur didampingi PJU Polres, Ketua DPRD Kab. Cianjur, Ketua MUI Kab. Cianjur, Kasdim Cianjur 0608, Sepesialis Kedokteran Forensik RSUD Sayang Dr. Fahmi dan Para Kapolsek Jajaran Polres Cianjur

Kapolres Cianjur mengatakan, personil yang mendapatkan pelatihan ini selanjutnya akan menjadi tim khusus yang membantu tim medis melakukan pemulasaraan jenazah Covid-19.

“Alhamdulillah tadi kita berkumpul dalam rangka pelatihan, nantinya kita bersama-sama akan membentuk satu tim khusus pemulasaraan jenazah, tim inilah yang akan bantu rekan-rekan medis,” ungkap Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi Priyanto, Sabtu (18/04)

Melalui pelatihan yang dilaksanakan tim khusus tersebut bisa tahu hal apa saja yang harus laksanakan dan dilakukan dalam mengurus jenazah yang terpapar virus Corona agar aman terhadap resiko penularan baik terhadap petugas maupun masyarakat sekitar.

“Meskipun demikian, Polres Cianjur juga siap menerjunkan personil dalam penanggulangan virus Covid 19,” tambahnya

“Terutama saat situasi mendesak dan dibutuhkan, untuk membantu tim medis dalam pemulasaran jenazah,” tandasnya

Oleh karena itu, personil Polres Cianjur perlu mengetahui tata cara mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam penanggulangan virus Covid 19.

Selama pelatihan, personil Polres Cianjur mengikuti dengan seksama setiap langkah penggunaan APD, dimulai dari pemakaian baju kerja (hazmat suit), sepatu pelindung, gown jubah bersih, masker bedah, googles, pelindung kepala, face shield dan sarung tangan.

Muspida yang diwakili oleh Sekda, ketua DPRD dan ketua MUI mengapresiasi dan menyambut gembira langkah Kapolres Cianjur yang telah mengadakan pelatihan pemulasaraan dan pemakaman jenazah Covid-19 untuk memberikan keterampilan kepada seluruh peserta yang hadir sehingga siap untuk membantu tenaga medis apabila diperlukan.

Barkah/Hms

Apakah artikel ini menarik menurut Anda

Nilai arikel ini sekarang!

Nilai RataiRata 1 / 5. Jumlah Penilai: 1

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Tinggalkan Balasan